Macam Macam Soto di Indonesia

Siapa yang tak kenal soto, makanan ini sangat disukai mulai dari kecil sampe yang udah tua (biasanya sih ibu2 suka bgt gk tau kenapa hehe..). Sering kali aku liat orang jualan soto dengan embel embel nama daerah, karena penasaran aku pun coba cari refrensi mulai dari internet sampe di kalangan orang tua. beberapa tidak terlalu mencolok perbedaanya namun ada juga yang mencolok.. Penasaran ? cekidot deh

1. Soto Betawi

Soto Betawi ini berasal dari suku asli indonesia . soto ini sangat populer di daerah jakarta, soto betawi disajikan dengan menggunakan jeroan serta biasanya menggunakan kuah bersantan serta kadang menggunakan emping untuk menambah cita rasa asin dan gurih.

macam-macam-soto-di-indonesia

2. Soto Semarang

Soto ini nih yang paling sering aku liat dan rasain. Ciri utama dari soto ini adalah kuah ayam yang bening dan menggunakan kaldu , berbeda dengan soto betawi soto ini tidak terdapat jeroan namun terdapat soun untuk isi dari soto tersebut.

macam-macam-soto-di-indonesia

3. Soto Kudus

Soto kudus berasal dari Kudus, Jawa Tengah (jelas lah yaa.. ) agak berbeda sedikit dengan soto semarang walaupun secara tekstur hampir mirip namun soto kudus menawarkan daging ayam dan kerbau. soto kudus memiliki kuah yang bewarna kuning , dari segi rasa soto kudus agak manis.

macam-macam-soto-di-indonesia

4. Soto Madura

Kalo di jogja sangat jarang menemui soto ini. Soto madura adalah jenis soto yang disajikan dengan daging sapi, telur rebus dan kentang goreng serta tauge. dari segi rasa agak berbeda karena terdapat campuran bawang merah.

macam-macam-soto-di-indonesia

5. Soto Sulung Surabaya

Soto sulung terkenal karena letak awalnya ada di jalan sulung. Secara rasa soto sulung ini hampir mirip dengan soto madura yang membuat beda adalah pengolahan bumbunya.

macam-macam-soto-di-indonesia

6. Soto Lamongan

Selain soto sulung surabaya , Surabaya juga terkenal dengan soto Lamongan . aku sendiri paling suka nih soto lamongan karena ada bumbu koya. Koya adalah bumbu bawang goreng garing yang dicampur dengan kerupuk udang lalu di haluskan.

macam-macam-soto-di-indonesia

7. Soto Kediri

Soto kediri secara tekstur hampir mirip dengan soto betawi dimana sama sama menggunakan santan sebagai bahan kuah, namun pada soto kediri hampir mirip dengan soto jawa secara rasa dimana tidak memakai cengkeh dan rempah.

macam-macam-soto-di-indonesia7

8. Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas Banjarmasin , Kalimantan Selatan. Soto ini memiliki bahan utama ayam, yang membuatnya berbeda adalah rempah rempahnya yaitu kayu manis, biji pala dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah di suwir suwir. Biasanya disajikan dengan tambahan berkedel, rebusan telur dan ketupat. Seperti soto ayam pada biasanya Soto Banjar menggunakan bawang merah, bawang putih dan merica tapi tidak memakai kunyit.

macam-macam-soto-di-indonesia

9. Soto Mie Bogor

Ini soto yang cukup unik buat saya. hehe… Soto Mie ini biasanya disuguhkan dengan bahan dasar daging sapi sedangkan untuk pelengkap disediakan bihun, mie, kuning,risol,tomat dan irisan kol. Bentuk kuahnya pun bening namun setelah di campur dengan isi soto maka akan berubah kemerahan.

macam-macam-soto-di-indonesia

10. Soto Sokaraja

Soto sokaraja ini secara bahan hampir mirip dengan soto biasanya dimana menyajikan 2 pilihan daging yaitu ayam dan sapi. Perbedaan paling mencolok dari soto ini dengan soto yang lain adalah kerupuk merah yang menjadi toping serta terdapat lontong dan sambal yang menggunakan kacang.

macam-macam-soto-di-indonesia

11. Soto Pekalongan

Soto Pekalongan ini sering disebut dengan Soto Tauto karena memiliki ciri khas yaitu menggunakan tauco sebagai bumbunya. Citarasa khas tauco ini yang memberikan rasa unik.

macam-macam-soto-di-indonesia

12. Soto Lenthok

Soto lenthok ini khas dari Yogyakarta dan sekitarnya, Soto ini biasanya menggunakan suwiran daging ayam kampung untuk toping Soto Lenthok memiliki khas nya sendiri yaitu tauge, kubis, seledri dan lenthok. Lenthok itu semacam perkedel namun bahan dasarnya dari ubi. Biasanya untuk kawasan Yogyakarta selalu menyediakan tempe garing untuk pelengkap dari menu ini

macam-macam-soto-di-indonesia

13. Soto Gerabah

Soto ini  merupakan kuliner khas Solo. Soto gerabah adalah soto yang dimasak dan disajikan dalam gerabah/kuali.  Beberapa masih ditemui yang menggunakan mangko gerabah dan sendok makan terbuat dari batok kelapa. namun sudah cukup jarang ditemui seperti ini di daerah solol. untuk bumbu memang soto gerabah hampir sama dengan soto semarang dan belum ada khas bumbu yang khusus.

macam-macam-soto-di-indonesia

14. Soto Jepara

Soto ini tampak seperti soto ayam biasanya namun jangan salah, rasa soto ini unik lho dan berbeda dari pada soto ayam biasanya, yaitu ada tambahan kuaci di dalamnya. Tentu dengan adanya kuaci maka akan membuat Soto Jepara ini nampak berbeda

macam-macam-soto-di-indonesia

15. Soto Kemiri

Soto ini berasal dari kabupaten pati, yang membuat berbeda adalah soto ini memiliki kuah yang warnyanya kuning pucat . Namanya juga soto kemiri tentu soto ini juga di bumbui dengan kemiri untuk menambah cita rasanya.

macam-macam-soto-di-indonesia

Wah ternyata banyak juga ya macem soto di Indonesia dengan khasnya sendiri sendiri dari rasa, bumbu, kuah, topig 😀

source : resepmasakanindonesia.me, resepmama.com , jendelakuliner.com  & sharingdisini.com

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews

Komentar

komentar

2 thoughts on “Macam Macam Soto di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *